Ulasan Seminar Governance, Risk Management, and Compliance Collaboration

Oleh : 
Denny Tan - Account Relationship Management

Sebagai perusahaan konsultan manajemen yang telah berkiprah lebih dari sepuluh tahun, Veda Praxis mendorong keberlangsungan bisnis Indonesia melalui penerapan manajemen risiko, sistem informasi, dan perencanaan keberlangsungan bisnisVeda Praxis menyadari pesatnya implementasi manajemen risiko harus diikuti pula dengan munculnya berbagai standar dalam penerapannya. Lebih dari sekadar konsultan bagi berbagai industri, Veda Praxis turut mengukuhkan misinya sebagai sharing knowledge center bagi beberapa mitranya.

Dalam rangka mewujudkan misi tersebut, bertempat di Gedung Bursa Efek Jakarta, Veda Praxis bekerja sama dengan The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) & Badan Standarisasi Nasional, menggelar Seminar Governance, Risk Management, and Compliance Collaboration pada tanggal 16 Maret 2017, dengan tema “Optimalisasi Standar Manajemen Risiko SNI ISO 31000 Melalui Penerapan yang Terintegrasi.”

Tema ini dipilih sebagai bentuk kepedulian Veda Praxis atas pesatnya perkembangan situasi lingkungan eksternal dan internal pada berbagai industri yang ditandai dengan semakin kompleksnya risiko kegiatan usaha. Hal ini medorong terjadinya peningkatan kebutuhan tata kelola perusahaan yang kredibel diikuti dengan penerapan manajemen risiko yang meliputi pengawasan aktif, kebijakan, penetapan limit risiko, proses identifikasi dan pengukuran, dan sistem informasi. Standar Manajemen Risiko SNI ISO 31000 menyediakan prinsip dan panduan generik dalam penerapan Manajemen Risiko. Untuk itu, pelaksanaan SNI ISO 31000 perlu disosialiasikan dengan baik agar setiap perusahaan dapat mencapai sasaran yang telah ditentukan. Seminar ini akan memberikan pemaparan komprehensif mengenai SNI ISO 31000 dan diskusi keterkaitan dengan standar ISO lainnya seperti ISO 27001 dan ISO 9001.

Seminar ini menghadirkan tiga orang pembicara, yakni Charles R. Forst dan Mohammad Mukhlis dari Anggota Komite Teknis Perumusan Manajemen Risiko Badan Standarisasi Nasional, serta Satya Rinaldi selaku Chief Strategist & konsultan Veda Praxis.

Dibawakan oleh Syahraki Syahrir dari Veda Praxis sebagai moderator, seminar setengah hari ini sukses diikuti oleh pelaku binis dari berbagai jenis industri, mulai dari perbankan dan keuangan, sekuritas, transportasi, serta praktisi dan dosen. Acara ini bertujuan  untuk memberikan pemaparan implementasi Manajemen Risiko dan standar ISO 31000 yang diiintegrasikan dengan ISO 27001 dan ISO 9001, serta diaharapkan para peserta dapat memahami cost of compliance dari penerapan Manajemen Risiko.