Undangan Acara: Seminar Governance, Risk Management, and Compliance Collaboration

Oleh : 
Denny Tan - Account Relationship Management

Pesatnya perkembangan situasi lingkungan eksternal dan internal pada berbagai industri ditandai dengan semakin kompleksnya risiko kegiatan usaha. Hal ini medorong terjadinya peningkatan kebutuhan praktek tata kelola perusahaan yang kredibel diikuti dengan penerapan manajemen risiko yang meliputi pengawasan aktif pengusaha industri, kebijakan, prosedur dan penetapan limit risiko, proses identifikasi, pengukuran, pemantauan, sistem informasi, dan pengendalian risiko, serta sistem pengendalian intern. Berbagai potensi risiko yang tidak disertai dengan pengelolaan yang tepat merupakan pangkal dari berbagai krisis yang dialami berbagai industri. Pengelolaan risiko pada perusahaan umumnya ditujukan untuk mengelola ketidakpastian dan ancaman yang dapat mengganggu operasional perusahaan atau menghalangi perusahaan dalam mencapai tujuannya. Oleh sebab itu, diperlukan penarapan Manajemen Risiko dengan pendekatan dan metodologi terstruktur yang mengacu pada standar yang berlaku umum.

Satu diantara standar Manajemen Risiko yang umum digunakan adalah SNI ISO 31000 yang diadopsi dari ISO 31000 Risk management. Standar ini telah diakui dalam lingkup nasional dan internasional yang menyediakan prinsip dan panduan generik untuk penerapan Manajemen Risiko, termasuk panduan pengelolaan risiko dalam konteks organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.Keunggulan penerapan SNI ISO 31000 akan terasa semakin berdampak jika terintegrasi dengan penerapan standar sistem manajemen lainnya seperti Standar Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO 27001 dan Standar Sistem Manjemen Mutu ISO 9001. Hal ini dikarenakan tingkat penerapan Manajemen Risiko yang dihadapi oleh perusahaan akan berbanding lurus dengan kompleksitas bisnis dari perusahaan itu sendiri.

Seminar Manajemen Risiko ini akan memaparkan SNI ISO 31000 serta mendiskusikan integrasi dengan standar sistem manajemen lainnya dan agar peserta dapat lebih memahami apa itu SNI ISO 31000 dan manfaat penerapannya bagi organisasi yang bersangkutan.

Target peserta:

Supervisor, Manager, dan level di atasnya yang berada pada Divisi Manajemen Risiko, Business Continuity Management, dan Teknologi Informasi, Praktisi dan Profesional yang memiliki concerns terhadap bidang Manajemen Risiko.

Pembicara:

Charles R. Vorst - Anggota Komite Teknis SNIISO 31000 Manajemen Risiko.

Mohammad Mukhlis - Anggota Komite Teknis SNIISO 31000 Manajemen Risiko.

Satya Rinaldy - Consultant & Chief Strategiest PT. Veda Praxis.

 

Waktu dan Tempat Pelaksanaan:

Kamis, 16 Maret 2017 pukul 08.00 - 12.00

Ruang Seminar BEI

Gedung Bursa Efek Indonesia, Menara II, Lantai I.

Jl. Jenderal Sudirman, Kav. 52-53, Jakarta.