Standar Penyelenggaraan TI

Penerapan Teknologi Informasi (TI) pada industri perbankan merupakan upaya untuk meningkatkan efisiensi kegiatan operasional dan mutu pelayanan bagi nasabah. Agar penerapan TI bagi industri BPR terhindar dari risiko bisnis yang merugikan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan POJK Nomor 75/POJK.03/2016 tentang Standar Penyelenggaraan TI bagi BPR & BPRS.  Veda Praxis mendukung regulasi tersebut untuk menjadi mitra BPR yang tidak hanya sekadar patuh, namun dapat merasakan manfaat dari kepatuhan regulasi. Langkah - langkah strategis untuk merasakan dampak positif akan kepatuhan regulasi, kami sebut dengan istilah "Beyond Compliance".

Layanan Veda Praxis

AUDIT KEPATUHAN TI

Menjadi mitra dalam kajian penyelenggaraan TI yang mencakup kesesuaian kebijakan, prosedur, dan serangkaian aktivitas pemanfaatan TI oleh BPR. Hasil audit mencakup temuan dan rekomendasi perbaikan TI yang disesuaikan dengan POJK Nomor 75/POJK.03/2016.

MANAJEMEN RISIKO TI

Melakukan identifikasi dan mitigasi potensi risiko sebagai konsekuensi penyelenggaraan TI agar pemanfaatan TI tidak mengganggu keberlangsungan proses dan tujuan bisnis BPR.

SOP PENYELENGGARAAN TI

Membantu penyusunan dan dokumentasi serangkaian proses bisnis terkaitan dengan pengelolaan TI.

BUSINESS CONTINUITY PLAN & DISASTER RECOVERY PLAN

Menyusun dan mendokumentasikan rencana keberlangsungan dan pemulihan bisnis dalam rangka antisipasi bencana maupun musibah yang dapat terjadi.

AUDIT REVIEW INTERNAL TI

Menjadi mitra BPR dalam pembuatan dokumen pedoman audit teknologi informasi dan membantu untuk memberdayakan audit internal BPR dalam proses audit TI.

IN-HOUSE TRAINING UNTUK INTERNAL AUDIT TI

Memberikan training dan konsultasi untuk audit internal BPR dalam menjalankan fungsi serta tanggung jawab pekerjaannya.

ROADMAP RENCANA STRATEGIS TI

Melakukan penyusunan roadmap dan strategi - strategi penyelenggaraan TI dalam upaya mendukung visi dan misi BPR sehingga berdampak pada keberlangsungan bisnis jangka panjang.

KAJIAN KEAMANAN SISTEM INFORMASI

Membantu BPR dalam melakukan testing kerentanan sistem TI dengan melakukan pembobolan sistem oleh pakar yang telah memiliki sertifikasi serta pengujian untuk mengevaluasi keamanan sistem atau jaringan TI. Layanan ini meliputi Vulnerability Assessment dan Penetration Testing.

TRAINING TI

Membantu BPR dalam upaya pengembangan kapasitas SDM untuk optimalisasi penyelenggaraan TI oleh BPR.