Salah satu hal yang sangat diperlukan bagi suatu perusahaan adalah membangun budaya perusahaan. Budaya organisasi sangat penting bagi kemajuan suatu perusahaan, karena mendukung produktivitas dan komitmen karyawan, serta mendukung tujuan perusahaan. Penelitian dalam psikologi organisasi positif menunjukkan bahwa budaya organisasi yang positif akan memberikan kesenangan dan kepuasan karyawan dalam bekerja (Seppala & Cameron, 2015). Menyadari pentingnya budaya organisasi maka terlebih dahulu kita perlu mendefinisikan tempat kerja yang nyaman dan memahami faktor-faktor yang menyebabkan karyawannya happy dalam bekerja.

Kelleher (Andrew, 2011) mengemukakan bahwa jika perusahaan memiliki karyawan yang bahagia, maka hal tersebut dapat membuat klien perusahaan juga bahagia. Ketika perusahaan ingin memiliki klien yang bahagia, puas dan loyal, perusahaan harus memiliki karyawan yang bahagia, puas dan loyal. Boehm dan Lyubomirsky (2008) mengemukakan bahwa kesuksesan karyawan di masa akan datang dapat diprediksi dengan mengukur tingkat kebahagiaan karyawan tersebut.

Berdasarkan study literatur yang dilakukan, salah satunya dari globoforce.com yang menjelaskan bahwa berhasil atau tidaknya sebuah organisasi dapat dilihat dari budaya organisasi yang dimiliki organisasi tersebut. Karyawan tidak akan meninggalkan organisasi yang memiliki budaya organisasi yang baik. Karyawan yang merasa bahagia 50% lebih berpotensi untuk menyelesaikan pekerjaan secara tepat, 85% menyelesaikan pekerjaan lebih efisien, dan 10% lebih memilih untuk tidak menggunakan cuti.

Noveldy (2015) menjelaskan bahwa dalam sebuah penelitian tentang 10 alasan utama orang berhenti bekerja, ternyata yang menduduki peringkat pertama adalah karena karyawan merasa tidak bahagia di pekerjaannya. Sementara, penelitian lain menjelaskan bahwa 5 alasan mengapa karyawan masih bertahan di pekerjaannya karena karyawan tersebut merasa bahagia.